Tampil Menawan, Kenakan Baju Adat Jawa, KMAT Inda Raya, Wakil Wali Kota Madiun Hadiri HUT IKS PI Kera Sakti

 

Madiun-sinarpos-Suasana meriah dan penuh keakraban terlihat di Padepokan Pusat IKS PI Kera Sakti, Desa Baduran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Madiun, Sabtu (20/1/2024). Pasalnya, perguruan pencak silat yang didirikan oleh almarhum Raden Totong Kiemdarto itu sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-44.

Acara yang bertajuk "Sambung Roso, Sambung Rasa, Sambung Asa" itu dihadiri oleh sejumlah tamu istimewa, di antaranya Wakil Wali Kota Madiun, KMAT. Inda Raya Ayu Miko Saputri Cahyaningtyas, S.E., MIB., dan Permaisuri Dalem Kraton Surakarta Hadiningrat, GKR. Pakoe Boewono.

Keduanya tampil anggun dengan mengenakan baju adat Jawa. Inda Raya mengenakan kebaya warna biru muda dengan batik parang, sedangkan GKR. Pakoe Boewono mengenakan kebaya warna merah dengan batik truntum. Mereka juga memakai selendang dan sanggul sebagai aksesori.

Inda Raya dan GKR. Pakoe Boewono tampak akrab dan kompak saat mengikuti rangkaian acara. Mereka berbaur dengan para anggota dan pengurus IKS PI Kera Sakti, yang juga mengenakan pakaian serba hitam sebagai ciri khas perguruan ini.

Salah satu acara yang menarik perhatian adalah pertunjukan seni bela diri sambung roso, yaitu pertarungan antara dua pesilat tanpa menggunakan senjata. Pertunjukan ini menampilkan kemampuan dan kelincahan para pesilat dalam menghadapi lawan.

Selain itu, ada juga tari-tarian yang menggambarkan semangat dan jiwa IKS PI Kera Sakti, seperti tari kera, tari naga, dan tari barong. Tari-tarian ini menghibur para tamu dan penonton yang memadati padepokan.

Acara puncaknya adalah pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Pusat IKS PI Kera Sakti, KRAT. Drs. H. Bambang Sunarja., MA., yang diserahkan kepada GKR. Pakoe Boewono sebagai tamu kehormatan. GKR. Pakoe Boewono juga mendapat penghargaan berupa gelar Warga Kehormatan IKS PI Kera Sakti.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan atas peran sertanya dalam melestarikan budaya dan tradisi yang ada di Indonesia. GKR. Pakoe Boewono merupakan istri dari PB. XIII, Raja Keraton Solo, yang juga merupakan salah satu pendukung dan pembina IKS PI Kera Sakti.

Permaisuri Dalem Kraton Surakarta Hadiningrat, GKR. Pakoe Boewono menerima penghargaan gelar Warga Kehormatan IKS PI Kera Sakti dari Ketua Umum Pusat IKS PI Kera Sakti, KRAT. Drs. H. Bambang Sunarja., MA.

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya, mengapresiasi perkembangan dan prestasi yang telah ditorehkan oleh IKS PI Kera Sakti selama 44 tahun. Ia berharap, IKS PI bisa terus berdampak positif untuk masyarakat, bermanfaat untuk masyarakat, dan berperan aktif dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas.

"Organisasinya (IKS PI) semakin besar, semakin dikenal. Semoga bisa menjadi contoh bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi diri, menghargai keberagaman, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa," ujar Inda Raya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada GKR. Pakoe Boewono atas penghargaan gelar warga kehormatan IKS PI Kera Sakti. Ia berharap, kerjasama dan sinergi antara Keraton Solo dan IKS PI Kera Sakti bisa terus terjalin dan ditingkatkan.

"Selamat kepada Permaisuri Kraton Solo, Gusti Ratu Pakoe Boewono atas penghargaan gelar warga kehormatan IKS PI. Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama," tutupnya.(dys)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca