KLB Polio Jatim, Dinkes Ponorogo Siapkan Imunisasi Bagi 80.206 Anak

Ponorogo-sinarpos-Kondisi Luar Biasa (KLB) Polio Di Jawa Timur, membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo segera melakukan Pin Polio bagi anak berusia 0 tahun hingga 8 tahun.

Kepada Dinas Kesehatan kabupaten Ponorogo, Dyah Ayu Puspitaningarti mengatakan imunisasi Polio akan dilaksanakan dua tahap. Pertama mulai tanggal 15 Januari hingga 21 Januari 2024, kemudian tahap kedua di bulan Februari 2024. 

"Sasarannya ada 80.206 anak berusia 0 hingga 8 tahun kurang 1 hari. Targetnya yang dicanangkan sebanyak 95 persen lebih atau sekitar 76 ribu. Namun Dinas Kesehatan kabupaten Ponorogo ingin mencapai 100 persen,"paparnya, Jum'at (12/1/2024).

Imunisasi Polio pertama, lanjut Ayu sapaan akrabnya, akan digelar di Posyandu Patihan Wetan yang dihadiri Bupati Ponorogo, yang kemudian dilanjutkan ke sekolah-sekolah. "Tentu kita sudah melakukan kordinasi dengan pihak dinas pendidikan, karena sasaran imunisasi pada pelajar Sekolah Dasar, kelas 1 dan 2,"jelasnya.

Sejauh ini, katanya, belum ditemukan kasus Polio di Ponorogo. Sejumlah sampel laboratorium yang dilakukan semua hasilnya negatif. "Kita berharap tidak ada kasus Polio di Ponorogo. Namun demikian kita tetap waspada dan meningkatkan pencegahan diantaranya memberikan Vaksin tetes Polio,"paparnya.

Seperti diketahui ditetapkannya KLB Polio di Jawa Timur disebabkan ditemukan 2 kasus Polio di Pulau Madura. (Dys)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca