Istimewa, Zapo Competition SMP Negeri 1 Ponorogo, Lomba Berprestasi Tingkat SD/MI

Ponorogo-sinarpos-SMP Negeri 1 Ponorogo kembali menggelar Zapo Competition, sebuah lomba yang ditujukan untuk peserta didik kelas 6 SD/MI se-Kabupaten Ponorogo.

Lomba ini merupakan rangkaian acara dalam rangka HUT SMP Negeri 1 ke-78, yang jatuh pada tanggal 6 Agustus 2024.

Zapo Competition menawarkan 16 bidang lomba, mulai dari akademik lomba mata pelajaran seperti IPA, IPS, dan Matematika. Juga lomba non akademik seperti; tari klonosewandono, tari bujangganong yang

merupakan salah satu pelestarian budaya Reog Ponorogo, hingga seni budaya lain, seperti kaligrafi, MTQ, MHQ, story telling, puisi, mocopat, solo vocal, guitar, kendang dan dalang bocah.

Lomba ini bertujuan untuk mewadahi dan mengoptimalkan bakat, minat, potensi peserta didik SD/MI, sekaligus menguatkan karakter sebagai Profil Pelajar Pancasila.

Kepala SMP Negeri 1 Ponorogo, Drs. Imam Mujahid, MA. mengatakan, bahwa lomba ini juga menjadi ajang untuk mencari bibit unggul yang nantinya bisa melanjutkan pendidikan jenjang berikutnya.

Imam juga menambahkan, bahwa panitia lomba ini sebagian besar adalah peserta didik yang tergabung dalam pengurus Osis SMP Negeri 1 Ponorogo, dididik untuk menjadi pemimpin hebat dimasa depan yang memiliki berbagai karakter yakni; mandiri, gotong-royong, kreatif, berjiwa kebinekaan, dan sebagainya.

"Kita juga memunculkan prestasi anak-anak kita, agar merekat terapresiasibaik di SD maupun di SMP," katanya.

Zapo Competition tahun ini diikuti oleh 470 peserta dan berlangsung selama tiga hari, mulai 23 Januari hingga 25 Januari 2024.

Zapo Competition diharapkan bisa menjadi wadah bagi peserta didik SD/MI untuk mengembangkan diri dan bersaing secara sehat.

Lomba ini juga menjadi salah satu bentuk kontribusi SMP Negeri 1 Ponorogo dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Kabupaten Ponorogo, sehinga tercapai cita-cita menjadi Ponorogo hebat.(adv/dys)



0/Post a Comment/Comments

Dibaca