Inda Raya : UMKM Harus Diberdayakan untuk Dongkrak Ekonomi Madiun

Madiun-sinarpos- Inda Raya, Wakil Walikota Madiun, memiliki visi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota yang dipimpinnya. Salah satu caranya adalah dengan memberdayakan UMKM, khususnya di bidang kuliner dan kerajinan.

Inda Raya mengaku mendapat banyak masukan dan saran dari masyarakat tentang hal ini, baik melalui media sosial maupun tatap muka. Ia mengapresiasi partisipasi warga dalam memberikan ide dan kritik untuk kemajuan Madiun.

"Sejauh ini, pertumbuhan ekonomi di Kota Madiun sudah berjalan dengan baik. Walau kita diakui masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan," katanya saat ditemui di kantornya, Kamis (1/2/2024).

Salah satu pekerjaan rumah yang dimaksud Inda Raya adalah membuka peluang bagi UMKM untuk menembus pasar yang lebih luas. Ia memberikan contoh, bagaimana ia berhasil membawa 80% produk Kota Madiun untuk menjadi oleh-oleh khas di toko Buah Tangan di Batu Malang, Jawa Timur.

"Ini adalah kesempatan yang selama ini diimpikan oleh para pelaku UMKM, khususnya makanan dan minuman. Alhamdulillah, produk-produk kita sudah terkurasi dan diterima di sana," jelasnya.

Inda Raya juga berupaya untuk membantu UMKM mendapatkan label halal dan SNI, agar produk mereka lebih terjamin kualitas dan kehalalannya. Ia menegaskan, UMKM lokal harus mendapatkan prioritas lebih dalam mengembangkan usahanya.

"UMKM kita sebenarnya tidak kalah dalam hal bersaing. Mereka memiliki kualitas, hanya saja perlu sentuhan-sentuhan agar bisa melejit, dalam produksi hingga pemasaran," tegasnya.

Untuk itu, ia berharap forum komunikasi antar UMKM semakin sering dilakukan, agar dengan cepat mengetahui persoalan di lapangan, sekaligus menemukan solusinya. Ia yakin, jika ini dibangun bersama, UMKM akan tumbuh dengan baik dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang juga lebih baik.

"Kita harus kongkrit, bukan ala kadarnya. Kita harus berani berinovasi dan berkolaborasi. Kita harus bangga dengan produk lokal kita. Kita harus bersama-sama membangun Madiun yang lebih maju dan sejahtera," pungkasnya.(dys)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca