Mengintip Proses Assessment Pegawai Rutan Ponorogo

Ponorogo-sinarpos-Bagaimana sih proses assessment pegawai di Rutan Ponorogo? Apa saja yang diuji dan apa tujuannya? Kali ini, kita akan mengintip sedikit tentang kegiatan assessment mutasi internal pegawai yang dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Ponorogo Kemenkumham Jawa Timur.

Assessment mutasi internal pegawai adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengukur potensi dan kompetensi pegawai Rutan Ponorogo. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin, 29 Januari 2024, di Ruang ZI. Ada sembilan pegawai negeri sipil (PNS) yang mengikuti assessment ini.

Ada empat instrumen yang digunakan dalam assessment ini, yaitu tes kognitif, tes nilai, tes kepribadian, dan tes situasi. Tes-tes ini mengukur delapan kompetensi manajerial dan satu kompetensi sosial kultural yang dibutuhkan oleh pegawai Rutan Ponorogo.

Kepala Subseksi Pengelolaan Rutan Ponorogo, Suwarno, mengatakan bahwa assessment ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan masyarakat. "Pelaksanaan assessment kepada pegawai, dirasa perlu sebagai alat ukur kemampuan, potensi, dan kompetensi PNS dalam bekerja," kata Suwarno.

Suwarno menambahkan bahwa assessment ini juga sesuai dengan PermenPAN-RB Nomor 3 tahun 2020 tentang manajemen talenta aparatur sipil negara (ASN). Dengan assessment ini, diharapkan PNS dapat ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kompetensinya, serta dapat mengembangkan kompetensi mereka secara berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Rutan Ponorogo, Agus Imam Taufik, yang turut serta mengawasi jalannya assessment, berharap hasil dari assessment ini dapat menjadi bahan pendukung dalam manajemen SDM. "Hasil dari assessment ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pendukung dalam manajemen SDM, mencakup pengembangan kompetensi, manajemen talenta, rotasi/mutasi, dan promosi," ungkap Imam.

Itulah sedikit gambaran tentang proses assessment pegawai di Rutan Ponorogo. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pegawai, Rutan, dan masyarakat. (dys)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca